Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogger Bahagian 1

Salam semua sahabat blogger, jumpa lagi dengan Markas Blogger Aceh yang semakin bersemangat menyajikan tutorial blogger kepada anda, dan pada kesempatan ini saya akan menuliskan tutorial Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogger Bahagian 1

Membuat blog di blogger/blogspot memang sangat mudah jika anda tahu bagaimana caranya, betul tidak? Kunci dari semua kata-kata "mudah" itu adalah hanya untuk mereka yang sudah tahu caranya, jadi wajar jika banyak judul postingan blog seperti ini yang anda temukan di internet, tapi tidak sedikit dari semua cara mudah tersebut hanya menjelaskan tahap awal membuat sebuah nama blog di blogger/blogspot dan itu belum dikatakan dengan membuat sebuah blog. 

Perlu saya jelaskan sedikit kepada anda bahwa membuat sebuah blog itu tidak semudah yang anda bayangkan ketika anda membaca judul postingan ini, maka saya sengaja membuat judul postingan ini Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogger Bahagian 1, ini berarti yang akan kita pelajari sekarang adalah baru memasuki Bahagian 1, dan masih ada Bahagian 2, Bahagian 3 dan seterusnya sampai Bahagian 30, saya harap sampai di sini anda sudah mengerti maksud saya, dan saya sangat menyarankan jika anda benar-benar ingin belajar membuat blog di blogger bersama saya silahkan ikuti sesuai dengan tutorial yang akan saya berikan mulai dari Bahagian 1 sampai dengan Bahagian 30 secara gratis 100% sesuai dengan judul postingan. Saya bukan ahli di bidang blogger tapi saya tidak pelit untuk berbagi kepada anda apa yang saya ketahui, semua yang saya ketahui tentang blog akan saya tuliskan di blog ini.

sebelum kita lanjutkan materi pembahasan cara membuat blog bahagian 1 ini sebaiknya anda sudah memiliki atau sudah membuat sebuah account/email gmail, jika anda belum mempunyai account gmail atau email gmail dan anda ingin membuatnya sekarang silahkan anda kunjungi halaman ini, disana sudah saya jelaskan secara detail bagaimana cara membuat account / email gmail,,, baiklah saya anggap anda semua sudah siap untuk menyimak penjelasan materi yang akan saya sampaikan.. 


Cara Mudah Membuat Blog di Blogger Bahagian 1

  • Silahkan anda buka www.blogger.com di browser anda, dan tunggu beberapa saat sampai anda benar-benar melihat tampilan halaman seperti gambar di bawah ini 

Keterngan Gambar :
Poin No 1  : Isikan nama dengan nama account Gmail anda (email gmail anda)
Poin No 2  : Isikan dengan pasword account Gmail anda (email gmail anda)


Setelah itu silahkan anda click tombol masuk yang berwarna biru seperti yang telah saya lingkari di atas (lihat gambar diatas). setelah anda click tombol masuk maka tunggu beberapa saat sampai anda benar benar telah masuk dan anda akan melihat tampilan halaman seperti gambar di bawah ini...



  • Setelah anda melihat tampilan seperti gambar di atas maka sekarang kita akan memulai proses membuat nama blog yaitu dengan meng click tombol Blog Baru yang berada di sebelah kiri atas seperti yang telah saya lingkari pada gambar di atas atau anda (tampilan seperti gambar di atas karena saya sudah mempunyai beberapa blog) jika tampilan halaman anda sedikit berbeda seperti gambar di atas itu wajar dan itu bukan masalah besar bagi anda sekarang, anda hanya perlu mencari tombol yang serupa di sebelah kiri atas.. 
  • Kita lanjutkan pada tahap selanjutnya, dimana jika anda sudah meng click tombol Blog baru atau buat blog  tersebut maka beberapa saat kemudian anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini...

Keterangan Gambar :
Poin No 1  : Pada kolom ini anda bisa mengisi dengan judul blog anda, silahkan pilih judul 
                     sesuai dengan selera dan keinginan anda
Poin No 2  : Pada kolom ini anda akan mengisi nama blog anda, silahkan anda berikan nama  

                     blog anda sesuai dengan keinginan anda (note: nama blog harus anda isi dengan 
                     huruf kecil semua dan anda boleh menambahkan angka, misalnya anda ingin
                     membuat nama blogsaya1, blogsaya12 dan seterusnya)
Poin No 3  :Pada gambar di atas anda ingin menamakan blog anda dengan fullblogging
                     tetapi oleh pihak blogger memberi peringatan bahwa nama blog fullblogging
                     sudah di buat oleh orang lain dan kita tidak tahu siapa yang telah membuat nama
                     blog tersebut, yang jelas anda harus memberikan nama yang lain sampai pihak
                     blogger benar-benar menyetujui nama blog anda 
                     (Note: pada poin no 3 ini anda  bisa melihat peringatan yang mana tombol
                     persetujuan masih berwarna kuning) isikan nama lain sampai tombol tersebut
                     berwarna biru seperti terlihat pada gambar di bawah ini..




Keterangan Gambar :
  • Setelah anda merubah nama blog tadi tunggulah beberapa saat sampai warna kuning tersebut berubah menjadi warna biru (lihat poin no 3), dan jika anda masih melihat belum ada perubahan warna pada poin no 3 tersebut maka silahkan anda terus merubah dengan nama yang lain dan tunggu lagi beberapa saat...
  • Gambar diatas menunjukkan bahwa nama blog anda telah disetujui oleh blogger, hal ini dapat kita lihat pada poin no 3 telah berwarna biru, ini adalah hasil dari sedikit perbaikan merubah nama blog yang tidak disetujui tadi dari nama yang pertama anda isi fullblogging menjadi full-blogging hanya menambahkan sedikit garis pembatas antara full dan blogging. 
  • setelah anda melihat pada poin no 3 sudah berwarna biru maka nama blog anda sudah di setujui dan silahkan anda click tombol Buat Blog yang berwarna kuning di bawah seperti yang telah saya lingkari pada gambar di atas.





Keterangan Gambar :



  • Sekarang anda sudah berhasil mendaftarkan nama blog anda di blogger dengan nama yang telah anda daftarkan tadi, pada gambar diatas terlihat jelas nama blog anda pada poin no 1, dan untuk melihat bagaimana tampilan blog anda silahkan click tombol Lihat Blog seperti yang telah saya lingkari poin no 2 pada gambar di atas, dan poin no 4 adalah tombol tanda panah yang apabila anda click akan terlihat seperti gambar diatas fungsinya adalah untuk melihat semua fitur blog anda, sedangkan poin no 4 adalah untuk merubah bahasa utama blog anda, silahkan anda rubah sesuai dengan ke inginan anda, dan pada tutorial blog yang sedang anda baca ini saya menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa utama blog. 
  • sekarang silahkan click tombol Lihat Blog poin no 2 untuk melihat hasil kerja keras anda tadi dan hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

  • Gambar di atas adalah tampilan dasar blog anda, dimana masih terlihat kosong, masih mulus seperti anak yang baru lahir tanpa pakaian, dan itulah tugas anda selanjutnya untuk memberikan pakaian pada blog yang telah anda buat tersebut, mengisi blog anda dengan hal-hal yang bermanfaat bagi anda sendiri dan juga bermanfaat bagi orang lain yang akan berkunjung ke blog anda nantinya..
Selesai sudah pembahasan kita tentang Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogger Bahagian 1 semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang membacanya dan jangan pernah ragu untuk bertanya segala sesuatu yang membingungkan anda tentang topik yang kita bahas, silahkan anda berkomentar di bawah, segala masukan dan kritikan demi kebaikan kita semua akan di tampung, dan saya akan berusaha mengurangi masalah anda semampu saya.
Pastikan anda juga membaca Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogger Bahagian 2 


Incoming search terms:-
"cara membuat blog di blogger","cara mudah membuat blog baru","membuat blog baru di blogger","membuat blog gratis","buat blog baru di blogger","cara lengkap membuat blog","tutorial blogger gratis terbaru","tutorial cara membuat blog di blogger","panduan lengkap cara membuat blog di blogger","cara membuat blogspot","cara membuat blog pribadi","cara membuat toko online gratis"

4 comments:

  1. Harus dishare gan untuk yang mau buat blog tapi belum bisa, bermanfaat gan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob pasti,,,makasih telah meluangkan waktu utk berkunjung ke sini,

      Delete
  2. Walaupun tutorialnya sederhana tapi sangat membantu buat para newbie seperti saya kalau mau bikin blog, THANK
    ~Salam Damai~
    Oya satu lagi kalau boleh masukan, coba tolong hilangkan chapta komentar karena sangat menggangu komentator untuk berkomentar diblog anda... cuma sekedar sara ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sob, terima kasih atas sarannya, akan saya coba di lain waktu.. salam sukses

      Delete